Total Tayangan Halaman

Senin, 11 Oktober 2010

hukum Moore adalah hanya 11 kata-kata panjang,

Hukum Moore adalah hanya 11 kata-kata panjang, tapi itu salah satu pernyataan yang paling disalahpahami dalam teknologi.
March 11, 2010 candra gm Leave a comment Go to comments

Aturan dasar – yang menyatakan bahwa jumlah transistor pada sebuah chip berlipat ganda setiap 24 bulan – telah menjadi prinsip dari industri teknologi tinggi karena diciptakan oleh salah satu pendiri Intel Gordon Moore pada tahun 1965.

Model ini memperkirakan kemajuan teknologi dan menjelaskan mengapa industri komputer telah mampu keluar secara konsisten dengan produk yang lebih kecil, lebih kuat dan lebih murah daripada pendahulunya – kurva dinamis yang industri lain bisa tidak cocok.

Namun, kebanyakan orang berhasil mangle aturan, satu atau lain cara. Banyak orang, misalnya, menyatakan bahwa Hukum Moore mengatakan jumlah transistor dua kali lipat setiap 18 bulan – suatu kerangka waktu yang pernah ditetapkan oleh Moore.

Lain mengklaim bahwa Moore muncul dengan itu saat berkendara menyusuri Highway 101 di Silicon Valley. (Dia bilang dia datang dengan itu sambil menyiapkan sebuah artikel untuk majalah Electronics.)

Terburuk, banyak orang berpendapat bahwa Hukum Moore adalah dalam bahaya menjalankan kandas karena dunia tidak lagi membutuhkan komputer yang lebih kuat.

Sebagai contoh, majalah The Economist berteori on May 8, bahwa aturan itu menjadi tidak relevan, sebagian karena CEO Google Eric Schmidt mengatakan perusahaan pencarian bergantung pada kurang server mutakhir. “Industri ini hanya terlalu efisien,” katanya. Dan Kim Polese, pendiri perusahaan perangkat lunak korporat Marimba, adalah salah satu perangkat lunak eksekutif yang mengatakan kepada The New York Times bahwa pasukan aturan itu petering keluar, karena orang ingin menghabiskan lebih sedikit waktu di tempat kerja dan lebih banyak waktu dengan keluarga mereka.

Dalam sedikit majalah seni pertunjukan, Red Herring mengelola sebuah penutup cerita mengenai kematian Hukum Moore pada bulan Februari – dan kemudian keluar dari bisnis.

Kebanyakan orang berhasil mangle aturan, satu atau lain cara.
Teori-teori ini, meskipun, mengabaikan salah satu kunci faktor mengemudi dalam aturan yang terkenal, yang adalah: Orang-orang tidak mengikutinya dari kebaikan hati mereka.

Hukum Moore, setelah semua, bukan hukum fisika. Ini hanya sebuah pengamatan akurat uncannily apa insinyur listrik, bila terorganisir dengan baik, dapat dilakukan dengan silikon. Perusahaan yang dapat membuat tim teknologi mereka bersenandung akan menuai keuntungan dan kekuasaan. Mereka yang tidak akan memudar.

Salah satu cara untuk melihat aturan dalam tindakan adalah melalui sejarah chip 1GHz. Kedua Advanced Micro Devices dan Intel merilis 1GHz mikroprosesor pada minggu pertama bulan Maret 2000. Pada saat itu, para analis menyatakan bahwa kinerja chip yang ditawarkan lebih banyak daripada orang yang diperlukan. Pada kenyataannya, chip mungkin masih menawarkan lebih dari kebanyakan konsumen butuhkan.

Jadi, mengapa tidak saja berhenti pengeluaran Intel miliar pada pabrik-pabrik baru dan bergerak maju untuk prosesor line? Karena AMD tidak mau.

Ketika memulai debut, maka Pentium III 1GHz biaya $ 990 dalam jumlah volume, dan Intel memiliki sekitar 80 persen dari pasar. Flash maju tiga tahun. AMD chip paling kuat di sekitar 3.2GHz menyediakan kinerja dan biaya $ 464, sedangkan prosesor termurah 2GHz memberikan kinerja dan biaya $ 66. Sementara itu, Intel desktop paling-mahal chip, sebuah Celeron, berjalan di 2.1GHz.

Apakah Intel tetap tepuk, itu akan menjadi orang yang kehilangan jutaan dolar per kuartal sementara AMD akan menjadi orang yang mengendalikan lebih dari 80 persen dari pasar.

Apakah Intel tetap tepuk, itu akan menjadi orang yang kehilangan jutaan dolar per kuartal sementara AMD akan menjadi orang yang mengendalikan lebih dari 80 persen dari pasar.
Pembuat PC yang terjebak dengan Intel akan pergi ke pabrik lem juga. A Dell Dimension dirilis pada tahun 2000 dengan Pentium III 1GHz, memori 256MB, sebuah hard drive 30GB, CD-RW drive dan DVD player biaya $ 5.999. Itu enam kali lebih mahal dan kira-kira sepertiga sekuat sebuah kotak midrange Dell Computer dirilis minggu ini.

Google, sementara itu, akan terpaksa tiga kali lipat dari real estat itu sewa untuk ruang server, atau untuk menjalankan pada merangkak, jika itu benar-benar telah melompat dari kurva Hukum Moore. Hard-drive produsen, pengembang perangkat lunak dan bahkan situs konten tak terelakkan menghadapi dilema yang sama “memperbaiki atau mati.” Ketika Anda memikirkan hal ini, Hukum Moore bukan tentang kemajuan; itu meletakkan aturan untuk perlombaan senjata.

Memang, itu adalah matematis konsep membingungkan. Jika Hukum Moore diaplikasikan untuk pertumbuhan perkotaan, sebuah kota 250.000 orang seperti Reno, Nev, akan menjadi besar seperti New York City dalam satu dekade. Dekade lain, penduduk kota akan mencapai 256 juta – hampir dua kali lipat dari Rusia.

Dalam hal ukuran – di bawah Hukum Moore, keripik semakin kecil dari waktu ke waktu – Reno akan menutupi kurang dari sepertiga dari kilometer persegi itu memiliki hari ini. Tapi itu tidak akan datar lagi: Akan ada enam tingkat kota ditumpuk di atas satu sama lain. Perapian di Fireside Lounge di Peppermill mungkin memancarkan energi hampir sama sebagai bom hidrogen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar